6 Strategi Hack Jualan Hijab Di Instagram Tahun 2020 New Normal

2020 adalah tahun yang sangat berat bagi pebisnis offline. Akibat virus yang terus menyebar ini, para pebisnis offline yang tidak bisa adaptasi mulai bertutupan. Akibatnya, mereka yang tadinya hanya mengandalkan offline, mulai masuk rame-rame ke online terutama Instagram.

Salah satu yang paling banyak adalah penjual hijab. Tadinya yang bermain di industri hijab bisa dihitung dengan jari. Tapi sekarang mungkin ada ratusan. Karena mereka yang dari brand kecil, juga ikut dalam mengambil market share.

Instagram adalah platform yang sangat huge. Semua orang bermain didalamnya. Salah satu pemain yang cukup besar adalah para penjual hijab. Dari brand besar sampai brand kecil.

Di artikel ini mari kita bahas 5 strategi untuk lebih menonjolkan brand Anda ke permukaan. Anda bisa menghabiskan artikel ini kurang lebih 1 menit.

1. Movement

Untuk menonjolkan brand hijab Anda, Anda bisa membuat movement (gerakan). Masih ingat gerakan 4 sehat 5 sempurna? Bisnis apa yang diuntungkan dari gerakan ini? Bisnis susu tentunya. Anda pun bisa membuat movement seperti ini. Movement adalah salah satu strategi untuk viralnya sebuah brand.

Tidak heran brand yang menggunakan strategi ini, brand mereka langsung jadi top of mind. Mari kita buktikan. Siapa yang memulai gerakan “mulai aja dulu”? Tidak lain tidak bukan, pastilah Anda akan menjawab Tokopedia.

Kalau Anda perhatikan, every single movement pastilah ada public enemy. Public enemy adalah musuh yang diperangi oleh sebuah gerakan. Kalau gerakan “mulai aja dulu”, kira-kira apa yang mereka musuhi? Public enemy yang mereka perangi adalah takut melangkah. Mau bisnis takut ga ada modal, takut rugi, malu dibilang pedagang, ga bisa ngomong, gaptek, dll. Semua problem ini yang diperangi mereka.

Nah kira-kira, movement apa yang cocok disematkan ke brand hijab? Benar. Anda sebagai owner brand hijab harus memerangi dengan keras aurat yang terbuka. Anda harus berani mengkritik semua public figur yang membuka aurat. Sehingga terjadi dua kubu. Kubu yang pro hijab dan kubu yang pro pakaian sexy.

Kalau Anda takut punya musuh, lupakan strategi ini. Anda sama sekali tidak cocok dengan strategi ini. Lebih tepatnya, Anda tidak memenuhi syarat untuk grow lebih besar. Jadi lupakan saja.

Strategi ini memang mengharuskan si owner yang memusuhi secara langsung public enemy. Dan selalu berkoar-koar tentang keburukan musuh yang ingin diperangi. Sehingga terpisah dengan sangat jelas kubu pro dan kontra. Tapi kalau Anda penakut, lupakan saja teknik ini. Jadi orang yang menggunakan teknik biasa-biasa aja. Dan hasilnya biasa-biasa aja.

2. List Building

Pebisnis online yang sukses, adalah mereka yang jago memindahkan orang dari kolam 1 ke kolam lainnya. Mereka yang pandai memindahkan ikan yang sedang di kolam grup facebook ke kolamnya sendiri, dialah yang menang.

Kolam adalah analogi dari list. List dalam email marketing sama ibaratnya dengan kolam. Pertama Anda memberikan lead magnet agar mereka mau ke kolam Anda.

Setelah berada di kolam Anda, Anda beri mereka pelet agar mereka kenyang. Setelah gemuk, Anda siap pancing mereka. Biasanya pebisnis online menetapkan email auto responder. Atau kata lainnya email sequence. Email yang sudah dijadwalkan dengan pemicu new subsciber di list tertentu.

Email sequence biasanya berlangsung 1 minggu atau 2 minggu. Email sequence ini berfungsi membuat prospek Anda menjadi hot market. Market yang siap membeli. Anda bsia membuat email sequence dengan platform kami yaitu Kirim.Email.

Kirim.Email juga menyediakan kepada Anda fitur landing page builder. Anda tidak bsia membuat website? Anda tidak bisa coding? Tenang. Dengan landing page builder, Anda tidak perlu coder atau programmer. Anda cukup drag and drop elemen-elemen website sesuai brand hijab Anda.

Penjelasan diatas adalah opsi pertama dalam listbuilding. Opsi kedua Anda bisa integrasikan Belanja.Bio dengan Kirim.Email. Kalau toko Anda sudah terintegrasi, maka setiap penjualan, data pembeli Anda akan masuk ke list yang sudah Anda atur. Dan Anda bisa edukasi atau melakukan follow up.

Kelebihan lainnya dari list building adalah kalau Anda punya produk baru, Anda bisa langsung membroadcast ke kolam ikan Anda. Anda tidak perlu ngiklan. Karena iklan sendiri sebenarnya, setiap tahun harganya semakin mahal. Maka list building adalah strategi yang pas untuk Anda yang ingin mengurangi budget iklan.

3. Gudang Online

Di US semua pebisnis sudah familiar bekerja sama dengan pihak ketiga. Pihak ketiga ini disebut perusahaan outsourcing. Perusahaan outsourcing adalah perusahaan yang menyediakan jasa dan menyalurkan tenaga kerja dengan keahlian tertentu ke perusahaan yang membutuhkan.

Di US bahkan saya dengar ada perusahaan yang karyawannya cuma 7 orang, tapi profit perusahaannya mencapai million+ dollars per month. Perusahaan ini perusahaan yang hampir semua lini kerjanya diserahkan ke pihak ketiga. Di Indonesia pun sudah mulai bermunculan perusahaan outsourcing yang menunjang bisnis 4.0 atau bisa dibilang bisnis era new normal.

Diantara pihak ketiga yang populer di Indonesia adalah gudang Online. Ada perusahaan yang bernama Crewdible yang siap membantu bisnis hijab Anda dalam masalah warehousing (pergudangan). 

Kedepan Anda berencena membesarkan bisnis Anda bukan? Pastinya butuh gudang yang besar juga. Dengan jasa gudang online, Anda tidak perlu repot-repot memikirkan bangunan gudang. Semuanya sudah disediakan. Anda tinggal daftar sebagai member dari gudang online tersebut.

Jadi begini alurnya. Anda dapat orderan, nah informasi tentang orderan ini Anda kasihkan ke pihak gudang online untuk diproses. Pihak gudang akan mempacking dan mengurus pengirimannya ke ekspedisi. Tugas Anda hanyalah menginformasikan informasi order yang Anda terima ke pihak gudang.

Dengan adanya pihak ketiga masalah pergudangan. Anda tidak perlu khawatir kalau bisnis Anda semakin besar. Karena sudah ditangani masalah bangunan gudang, dan Anda memiliki tim yang berpengalaman di bidang pergudangan dengan sistem potong fee win win solution.

Sistem pihak ketiga seperti inilah yang familiar dilakukan di US. Tapi di Indonesia memang masih sedikit. Dengan mengandalkan pihak ketiga, bisnis Anda semakin efisien dan cepat bertumbuh.

4. Tim CS Remote

Masih membahas masalah pihak ketiga outsourcing. Pernahkah Anda memikirkan, kalau cs yang menangani pertanyaan atau closing Anda serahkan ke pihak ketiga? Di Indonesia ada perusahaan outsourcing yang bernama Kampung Marketer. Mereka menyediakan sumber daya manusia yang terlatih dari anak-anak desa.

Diantara SDM yang disediakan adalah customer service. Mereka ingin membantu Anda untuk fokus ke marketing, branding, selling. Jadi Anda lihat fenomena bisnis era new normal seperti ini. Semakin dibuat otomatis dan efisien. 

Sudah saatnya bisnis hijab Anda otomatis berjalan tanpa Anda. Karena Anda lihat sendiri, semua sistem ini bisa diduplikasi ke karyawan Anda. Bisnis tidak lain tidak bukan adalah sistem. Dan sistem yang baik, adalah sistem yang bisa diduplikasi dengan mudah ke karyawan baru Anda dengan cepat.

Sehingga bisnis Anda benar-benar memperlakukan Anda sebagai raja. Anda tinggal duduk manis karena sistem sudah otomatis berjalan. Pihak ketiga adalah solusi untuk Anda yang benci punya karyawan banyak dikantor. Apalagi kalau Anda introvert. Anda hanya mau punya tim 1 sampai 10 orang maksimal. Kerjaan lain serahkan ke pihak ketiga.

5. Metode Pembayaran Bervariasi

Metode pembayaran bervariasi maksudnya bukan macam banknya yang banyak. Seperti toko online pada umumnya yang menyediakan 4 bank berbeda sebagai metode pembayaran. Bukan seperti ini yang dimaksud bervariasi,

Yang dimaksud bervariasi adalah bisa bayar melalui Indomaret, Alfamart, Link Aja, Virtual Account, Transfer, Gopay, dll. Ini yang dimaksud bervariasi. Dan Belanja.Bio menyediakan ini. Untuk Indomaret dan lainnya memang dalam tahap perizinan dan pengembangan. Tapi kedepannya insyaAllah akan tersedia.

Metode pembayaran seperti ini, memudahkan calon pembeli Anda untuk membeli produk Anda. Karena diantara mereka ada yang benci transfer melalui ATM, sehingga mereka milih bayar melalui Indomaret. Atau sebaliknya.

Ngomong-ngomong soal metode pembayaran, Belanja.Bio mirip sekali dengan marketplace. Tapi saran saya jangan bisnis di marketplace. Kecuali produk Anda benar-benar unik menawarkan new value yang belum pernah ada sebelumnya. Sehingga produk Anda tidak bisa dibandingkan. Tapi kalau tidak manawarkan hal baru, stop berbisnis di tempat yang membuat Anda selalu dibanding-bandingkan. Buang sampah seperti ini. Pindah ke Belanja.Bio. Karena Belanja.Bio memberikan kemudahan marketplace tanpa kepayahannya.

6. Iklankan Konten IG

Untuk membuat crowd, Anda harus iklankan konten IG Anda. Buat yang kontroversial kalau perlu. Seperti yang sudah saya mentioned diatas, kalau mau viral, buatlah gerakan. Basmi itu pakaian-pakaian sexy. Jadikan mereka public enemy. Fokus nyerang mereka. Bombardir mereka dengan konten yang nampar-nampar, dan nabok-nabok.

Sehingga terpisah dengan tegas lagi keras 2 kubu. Kubu pro dan kubu kontra. Mereka yang kubu pro insyaAllah akan beli hijab dari Anda.

Kesimpulan

Mereka yang tidak bisa beradaptasi dengan era new normal, akan berguguran. Kita sudah melihatnya di berita. Ratusan karyawan di PHK. Mall Ramayana tutup karena tidak sanggup membayar cost bulanan mereka.

Semua strategi diatas, adalah strategi yang fresh digunakan untuk bisnis era new normal. Siapa yang bergerak cepat, dia yang dapat. Bagaimana pendapat Anda sebagai pebisnis? Silakan berikan komentar Anda di kotak komentar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *