Eps. 08 – Apa benar Bisnis butuh Mentor?

Ingin Dengerin Podcast Ini Langsung Dari Smartphone Anda?
Daftarkan email Anda disini. Kami akan memberikan instruksi lengkapnya.

Powered by Kirim.Email

Banyak yang ngira dan bilang Bisnis itu butuh Mentor. Ah, apa iya? Dengerin ya!

“Kang, bener ga sih yang namanya bisnis itu perlu ada yang namanya mentor? atau justru ga usah ada mentor, yang penting pokoknya mah hajar aja gitu dan mulai aja dulu!”

Jika Anda sudah mendengar trailer dari podcast ini, salah satu tujuan dibuatnya podcast ini adalah saya akan menjadi mentor Anda secara jarak jauh.

Saya mungkin tidak tahu Anda siapa, dimana dan bisnis Anda apa. Tapi setidaknya saya bisa memberikan arahan buat Anda semua.

Maka setidaknya tugas mentor itu ada 3, yaitu:

1. Memastikan Stay On The Track
Mentor akan memastikan jika Anda menjalankan sebuah bisnis dan strategi tertentu yang goalnya tidak membesarkan bisnis Anda atau menjadi melenceng, maka si mentor akan memastikan Anda Stay On The Track dan mengingatkan Goal dari bisnis Anda.

2. Melihat Dari Helicopter View
Semisal Anda terlilit hutang dan Anda ingin keluar dari jeratan hutang tersebut kemudian Anda bingung, maka orang yang bisa melihat dan memberikan petunjuk adalah orang yang berada diluar hutang. Tepatnya bisa melihat dari helicopter view artinya dia bisa melihat dan memberikan solusi jalan keluar.

3. Mempusher Limit
Seorang mentor akan mendorong terus jika Anda sudah merasa puas pada titik tertentu. Karena seorang pebisnis tidak mempunyai atasan, sebagaimana seorang karyawan mempunyai seorang Bos. Untuk itulah seorang pebisnis diingatkan oleh si mentor untuk bisa menjadi lebih baik lagi.

Jadi apakah seorang pebisnis butuh mentor? Maka jawabannya adalah tergantung.

Bagaimana jika tidak ada mentor?

Jika Anda merupakan tipe orang yang inisiatif, mencari pembelajaran diluar seperti mengikuti online course, baca buku, program training dan Anda suka ngulik akan sesuatu.

Namun sayangnya tidak semua orang seperti itu, alhasil coba-coba, kemudian bangkrut!

Jadi saran saya, sebaiknya Anda sebagai pemula sebaiknya ada mentor.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *