Eps. 44 – Bagaimana Jadi Reseller yang Laris Manis?

Ingin Dengerin Podcast Ini Langsung Dari Smartphone Anda?
Daftarkan email Anda disini. Kami akan memberikan instruksi lengkapnya.

Powered by Kirim.Email

Apakah Anda kesulitan menjual produk suplier? Kalau iya, simak artikel ini sampai habis. 7 aspek yang harus diperhatikan apabila ingin menjadi reseller yang sukses.  

Anda bisa menghabiskan artikel ini dalam waktu 1 menit. 

7 Rahasia Menjadi Reseller yang Laris Manis

Ngomong-ngomong tentang reseller, banyak sekali audience saya yang mengeluh kepada saya seperti ini: 

  • Kang, kog susah ya jadi reseller? 
  • Kang, saya sudah pasang produknya di marketplace, tapi masih sepi penjual? 
  • Kang, bagaimana sih jualan di Instagram biar laris kayak akang? 

Anda mengalami juga? Maka 7 aspek ini, mungkin belum Anda perhatikan secara maksimal. 

Product Knowledge 

Untuk menjadi reseller yang laris manis, Anda harus paham bagaimana product knowledgenya. Kan tidak lucu kalau Anda sedang promosi, lalu ada yang tanya Anda bilang ga tahu. 

Anda harus tahu benefit dari produk yang Anda jual. Benefit itu sederhananya manfaat yang didapat pembeli Anda. Jadi jelaskan sedetail mungkin, apa saja yang nanti mereka dapat kalau beli produk di Anda. 

Misalkan Anda sekarang sedang jualan suplemen diet. Karena ini produk reseller. Pasti diluar sana ada reseller lain yang menjual produk yang sama. Nah tugas Anda adalah, membedakan offer Anda dari offer reseller yang lain. 

Contohnya mereka cuma menawarkan produknya saja tanpa ada bonus lain. Kalau Anda ingin beda, Anda bisa menambahkan kebutuhan lain yang dibutuhkan pembeli Anda. 

Kalau Anda jualan suplemen diet, kira-kira produk apa lagi yang dibutuhkan pembeli Anda? Dipikir dulu. Sudah? 

Bisa saja setelah Anda menawarkan suplemen diet, Anda juga bisa menawarkan paket katering makanan sehat penunjang diet. Anda juga bisa menawarkan program diet rumahan, yang bisa dilakukan ibu-ibu dirumah.  

Selain benefit, dalam product knowledge itu ada yang namanya fitur dan spesifikasi. Kalau Anda jualan suplemen diet, maka Anda harus tahu semua fitur dan spesifikasi. Kalau dalam kasus suplemen, maka fitur dan spesifikasinya adalah kandungan gizi. Bahan apa saja yang digunakan untuk membuat suplemen ini. Aman tidaknya. 

Yang paling penting dalam berjualan adalah, Anda harus tahu produk yang Anda jual itu bisa menyelesaikan masalah apa. Pembeli Anda itu tidak membeli karena harganya murah. Mereka juga tidak membeli karena pelayanan Anda bagus. Tapi mereka membeli sebuah alat, yang bisa memindahkan mereka dari pulau neraka ke pulau surga. Jadi dalam step ini, Anda harus clear mengenai solusi apa yang ditawarkan produk Anda. 

Paham Sistem Perusahaan 

Setiap perusahaan itu, punya kebijakan sendiri-sendiri. Satu dengan yang lain itu berbeda. Jadi disaat Anda berjualan, Anda tidak boleh melanggar aturan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan dalam proses selling. 

Sebelum Anda putuskan jadi reseller sebuah suplier. Pastikan Anda paham kebijakannya dari A-Z. Karena kalau Anda melanggar, dan pelanggaran Anda ternyata fatal, maka Anda bisa kena banned. 

Punya Akses Ke Market 

Jangan asal daftar menjadi reseller. Sebelum Anda putuskan, Anda harus lihat kapasitas diri sendiri terlebih dahulu. Apakah Anda punya cara untuk mengakses market atau tidak? Kalau Anda punya, maka selamat, Anda punya ciri-ciri reseller yang sukses. 

Tapi kalau tidak punya, maka belajar dulu ilmu mengakses market. Ini penting sekali. Anda harus belajar ngiklan di Facebook, Instagram, TikTok, Google, Linkedin, dll. Anda belajar dulu ini dengan baik. Sehingga Anda bisa mengakses market yang Anda target. 

Dan sebelum mentarget market, Anda harus riset dulu. Tentukan persona market Anda dulu. Setelah selesai dipersona, Anda datangi mereka. Ajak ngobrol mereka. Tanya ke mereka, apakah mereka punya problem A? Kalau mereka bilang, iya saya punya. Maka tanya lagi ke mereka, kamu butuh solusi apa? 

Nah dari jawaban market Anda tadi, Anda cari produk yang berdasarkan jawaban itu. Kalau ada suplier yang bisa menyelesaikan masalah A, maka Anda tinggal ambil. Tapi kalau tidak ada sama sekali, Anda bisa membuat produk tersebut sendiri. Dan ini termasuk peluang yang menggiurkan. 

Personal Brand 

Personal brand itu tidak lain tidak bukan adalah kepercayaan. Mereka percaya kepada Anda. Jadi Anda mau jualan apapun, mereka pasti percaya sama Anda. Bahwa produk yang Anda bawa itu, adalah produk yang bermanfaat. 

Spesial Offer 

Dalam ilmu selling, spesial offer sudah tidak asing lagi. Spesial offer yang dimaksud disini, adalah penawaran yang sangat menarik, seabreg value, tapi waktunya terbatas. 

Jadi dalam ilmu selling, tugas Anda adalah memastikan mereka yang membaca offer Anda haruslah beli diwaktu itu juga. 

Copywriting 

Copywriting itu adalah kata-kata yang menjual. Copywriting adalah ilmu yang mudah dipelajari. Jadi tidak ada lagi alasan Anda tidak bisa copywriting. Bahkan saya berani mengatakan bahwa semua orang itu bisa copywriting. Tapi mereka tidak sadar. Bukankah ketika mereka menulis di social media, mereka mikir dulu apa yang mau dituliskan. Secara tidak sadar mereka telah menulis copy. 

Tapi ada hal yang sangat disayangkan. Banyak sekali reseller yang terlalu fokus ke copywriting. Tapi mereka sedikit sekali menghabiskan waktu untuk riset market. Sebab kegagalan terbesar seorang reseller, adalah mereka salah membidik market. Bukan di copywritingnya. 

Database Yang Banyak 

Data itu bagaikan raja. Sembari menjual, Anda juga harus mengumpulkan data. Sehingga Anda punya akses untuk follow up dan mengedukasi mereka lebih lanjut. 

7 aspek diatas, adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan ketika selling. Dan reseller itu terbagi menjadi 2 yaitu reseller offline dan online. Kalau Anda termasuk yang reseller online, dan Anda berjualan di Instagram, maka Belanja.Bio bisa menjadi kuda perang Anda. 

Jika Anda ingin mendapatkan update episode terbaru dari Mentor Gendeng Podcast silakan kunjungi https://mentorgendeng.com dan masukkan alamat email Anda di sana. Saya akan mengirimkan caranya langsung ke email Anda. Jika Anda juga ingin bertanya pada saya tentang selling, marketing dan juga bisnis, silakan tulis pertanyaan Anda di https://tanya.mentorgendeng.com.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *