Bersama Belanja.Bio, Bhayangkari Dukung Anggota Aktif Dan Inovatif Melalui Program Digitalisasi UMKM

Bandung, 5 Januari 2021 – Demi mendukung anggota UMKM Bhayangkari terus aktif dan inovatif untuk kemajuan ekonomi bangsa yang semakin kuat, Bhayangkari bersama Belanja.BIO membuat program Pelatihan dan Digitalisasi untuk 350 UMKM Bhayangkari yang berlangsung dari bulan November 2020 hingga Desember 2020 melalui beberapa sesi LIVE Webinar.

Pada hasil survey internal yang dilakukan oleh urusan UMKM Bhayangkari terhadap 350 UMKM Bhayangkari di Indonesia, sebesar 49.7% para UMKM mengalami kendala pada permodalan dan pemasaran (promosi). Bahkan tidak sedikit UMKM yang menuliskan kendala modal dan pemasaran sekaligus. Selanjutnya, diikuti kendala atas pendapatan yang terdampak pandemi sebesar 20.6% serta masalah produksi dan bahan baku sebesar 4.2% dan 2.9%.

Selaras dengan visi Pemerintah yang disampaikan oleh Wakil Presiden bahwa fasilitasi yang dilakukan terhadap UMKM agar mampu memanfaatkan platform digital untuk pemasarannya dapat mengakselerasi berbagai dukungan pemerintah yang telah ada saat ini, pihak Bhayangkari, dimana memiliki banyak anggota yang juga merupakan pelaku UMKM tersebar di seluruh Indonesia, ikut bergerak untuk membantu.

Salah satu bentuk nyata keseriusan pihak Bhayangkari dalam hal ini adalah sejak bulan Agustus 2020, Bhayangkari Pengurus Pusat telah membentuk satu kepengurusan baru di bawah Seksi Ekonomi, yaitu Urusan UMKM Bhayangkari, untuk membuat program yang dapat membekali para UMKM dengan kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan, serta dilengkapi dengan platform teknologi toko online yang akan membantu pemasaran (promosi) usaha para UMKM Bhayangkari.

Sebagai platform toko online yang berbasis pada media sosial, Belanja.BIO ikut mendukung program Pelatihan dan Digitalisasi UMKM Bhayangkari dengan mengusung tema “Bhayangkari Mendukung Anggota Untuk Aktif dan Inovatif Demi Kemajuan Ekonomi Bangsa yang Semakin Kuat”.

Program Pelatihan dan Digitalisasi UMKM Bhayangkari ini diselenggarakan dalam bentuk Live Webinar yang dibagi dalam 4 sesi dimulai pada November 2020 sampai dengan Desember 2020 dengan judul webinar yang berbeda-beda pada setiap sesi, diantaranya:

  • Strategi Meningkatkan Penjualan Toko Online
  • 5 Cara Meningkatkan Keuntungan Usaha
  • Copywriting “Emak-Emak”
  • Strategi Riset Pasar di Instagram

Sebelum webinar berakhir pada tanggal 17 Desember 2020, dari pengamatan di lapangan, para UMKM Bhayangkari yang mengikuti pelatihan sudah 100% menyerap dan menggunakan toko online yang diberikan ke mereka. Beberapa diantaranya sudah mendapatkan pesanan melalui toko onlinenya. Evaluasi dan pengoptimalan dampak dari pelatihan juga masih terus dibuka wadah komunikasi dan konsultasi melalui Grup Whatsapp.

Tingkat kehadiran pelatihan webinar juga memperlihatkan angka yang memuaskan, dimana semua webinar dihadiri lebih dari 350 UMKM yang lolos seleksi. Tidak hanya itu, proses tanya jawab juga berlangsung dengan penuh antusias, dimana UMKM bisa langsung menceritakan apa masalah yang mereka hadapi untuk dicarikan solusinya bersama sama saat webinar berlangsung. Antusiasme ini memperlihatkan dampak positif yang diberikan oleh pihak Urusan UMKM Bhayangkari dalam waktu 4 bulan berjalannya program ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *