Eps. 38 – Gimana supaya Reseller Loyal & Militan?

Ingin Dengerin Podcast Ini Langsung Dari Smartphone Anda?
Daftarkan email Anda disini. Kami akan memberikan instruksi lengkapnya.

Powered by Kirim.Email

Ada pertanyaan masuk dari Fadli Muhammad, beliau adalah seorang pebisnis parfum. Saat ini beliau juga sedang membangun pasukan reseller. Dan beliau pengen pasukannya ini, fokus jualan parfumnya. Gimana caranya kang?

Namaun sebelum saya jawab pertanyaan ini, ada baiknya Anda dengarkan juga salah satu episode Mentor Gendeng Podcast yang juga membahas tentang loyalitas reseller. Itu bisa Anda dengarkan pada episode 23 yang berjudul “Reseller Saya Gak Loyal, Mesti Gimana?

Seperti yang anda ketahui, hampir semua bisnis saya berbasis pasukan. Jadi saya tahu titik-titik detailnya ada dimana. Nah, kalau bicara soal gimana caranya buat pasukan reseller itu fokus jualan, ini adalah sebuah pelatihan khusus apabila kita ingin buat pasukan itu bener-bener jago jualan.

Jadi saya sering bilang ke temen-temen itu, bikin orang jago jualan dengan bikin orang loyal, itu dua hal yang berbeda. Banyak diantara mereka yang jago jualan, tapi ga loyal. Ada yang ga jago jualan, tapi loyal.

Jadi anda di perusahaan, harus punya perlakuan khusus kepada orang yang ga jago jualan agar jago jualan. Dan ke orang yang ga militan jadi loyal. Nah makanya, beberapa waktu terakhir ini saya launching buku Crazy Leader. Itu tujuannya adalah agar anda bisa jadi leader yang bisa melatih orang lain agar jago jualan.

Sedangkan untuk keloyalan, ini saya juga lagi ngerapiin naskah Pasukan Militan. Di buku ini saya bahas gimana caranya jadiin pasukan itu, loyal sama kita.

Tips agar reseller loyal

Beberapa tips dari saya agar mereka jadi loyal adalah:

Sentuh sisi emosional

Nomor satu, ingat prinsip ini teman-teman. Bicara tentang loyalitas itu, tidak berbicara tentang kebutuhan finansial saja. Tapi ada juga kebutuhan emosional. Artinya, ketika anda membuat peraturan di perusahaan anda atau anda sedang membuat budaya kantor anda, jangan hanya menyentuh bagian finansial saja. Tapi sentuh juga bagian emosionalnya.

Contohnya, ketika mereka berhasil mencapai target, anda ajak makan sekantor. Bisa juga nonton bareng. Sering beri apresiasi ke mereka. Tepuk pundaknya. Atau yang lainnya. Intinya banyak sekali. Ada 30 trik yang saya bagikan di buku Pasukan Militan.

Harus tulus tidak boleh modus

Nomor dua, anda harus tulus, tidak boleh modus. Sangat kerasa perbedaan antara perlakuan tulus dengan modus. Contoh, ketika anda ingin launching produk, anda kontak mereka semua. Pas nggak ada produk yang ingin di launching, anda mendiamkan mereka. Ini namanya modus.

Beda dengan tulus. Anda memang bener-bener mau tolong, sukses bersama-sama, anda ingin membina mereka, bukan membinasakan mereka. Maka tulus itu sangat penting.

Harus royal

Nomor tiga, kalau anda ingin mendapatkan loyalnya mereka, anda harus royal dengan mereka. Royalitas akan menarik dengan loyalitas. Pokoknya inget tiga poin ini baik-baik.

Itulah 3 tips agar reseller Anda loyal terhadap Anda. Jika Anda ingin mendapatkan notifikasi episode terbaru dari Mentor Gendeng Podcast, silakan daftarkan email Anda di https://mentorgendeng.com dan saya akan mengirimkan caranya untuk Anda.

Selain itu Anda juga bisa bertanya langsung pada saya tentang selling, marketing dan bisnis di https://tanya.mentorgendeng.com dan saya akan menjawabnya di episode berikutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *