Eps. 30 – Iklan yang Menarik Pembeli

Ingin Dengerin Podcast Ini Langsung Dari Smartphone Anda?
Daftarkan email Anda disini. Kami akan memberikan instruksi lengkapnya.

Powered by Kirim.Email

Ada pertanyaan dari Amelia, bagaimana cara postingan iklan kita menarik orang untuk membeli?

Pastinya semua pebisnis digital atau online, mereka mau iklannya dilihat dan akhirnya ada pembeli dari iklan tersebut. Ini sangat wajar.

Tapi, hal ini ada ilmunya. Misalkan Anda ngiklan di FB, IG, Google, Youtube, ataupun Tiktok. Itu semua ada ilmunya.

Memang ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam hal ini, supaya iklan Anda membuat orang yang tadinya tidak tertarik untuk beli menjadi beli. Itu goal nya.

Perlu diingat, jualan itu goalnya closing. Semakin banyak closingan Anda, semakin luarbiasa jualan Anda.

Formula Dalam Beriklan

Lha terus bagaimana Kang soal iklan? apa formulanya? apa saja yang perlu diperhatikan?

Berikut ini ada beberapa formula dalam beriklan yang bisa Anda perhatikan.

Perhatikan target marketnya

Nomor satu, perhatikan target marketnya. Jadi marketnya harus tertarget. Jangan jualan ke semua orang, cukup jual ke market yang anda target.

Saat anda ngiklan di FB, IG, atau Google, kan disana ada proses pemetaan market atau istilahnya anda mau :

  • ngebidik siapa?
  • interestnya apa?
  • apa minat mereka?
  • usianya berapa?
  • tinggal dimana?
  • dll.

Anda harus isi pemetaan tersebut dengan akurat dan detail sesuai dengan hasil riset Anda. Makanya sebelum ngiklan Anda harus riset terlebih dahulu. Karena Anda akan memetakan dengan detail market Anda siapa.

Kalau Anda sudah punya customer sebelumnya, Anda tinggal reprofiling mereka.

Jadi ngiklan itu nggak ngasal. Ada orang yang punya interest x, ada yang tinggal di kota y, ini semua harus akurat. Karena percuma nanti kalau copywriting Anda bagus, produk Anda best seller, tapi targetnya salah. Inilah sebab boncos ngiklan.

Pastikan market Anda itu tertarget. Kalau mau tertarget Anda harus riset. Ini step nomor satu, sekali lagi audiece nya harus tertarget.

Copywriting harus memikat

Kedua, copywritingnya harus memikat.

Apa itu copywriting? copywriting gampangnya adalah kalimat yang Anda gunakan untuk mempersuasi orang lain agar beli produk Anda. Berarti kalau iklan namanya ads copy. Kalau landing page namanya sales letter, sedangkan kalimat cs untuk mengclosing namanya cs copy. Nah ini harus membuat orang lain memikat.

Kalau Anda ingin belajar copywriting lebih dalam lagi, silakan materi tentang copywriting di artikel yang sangat saya rekomendasikan : Jalan Pintas Copywriting – Cara Cepat Belajar Copywriting. Gratis.

Gambar harus bikin orang ngiler

Nomor tiga, gambarnya harus membuat orang ngiler. Ingat orang itu rata-rata visual. Jadi gambar itu harus membuat mata orang berhenti beberapa detik.

Setidaknya 3 formula dalam beriklan ini yang harus Anda perhatikan saat Anda ngiklan dimanapun. Entah itu di FB, Google, Tiktok, atau IG. Mudah-mudahan bermanfaat.

Jika Anda ingin mendapatkan update episode terbaru dari Mentor Gendeng Podcast, silakan daftarkan email Anda di https://mentorgendeng.com. Anda akan mendapatkan panduan bagaimana cara mendengarkan podcast ini melalui smartphone Anda sekaligus mendapatkan update terbaru.

Selain itu Anda juga bisa bertanya kepada saya tentang selling, marketing dan juga bisnis di https://tanya.mentorgendeng.com dan saya akan membalasnya di podcast mentor gendeng episode berikutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *