Eps. 43 – Jualan Produk yang Niche Banget

Ingin Dengerin Podcast Ini Langsung Dari Smartphone Anda?
Daftarkan email Anda disini. Kami akan memberikan instruksi lengkapnya.

Powered by Kirim.Email

Opini itu membunuh. Data is king. Apakah Anda sedang menjual produk yang sangat spesifik ke orang tertentu? Kalau iya, maka Anda harus membidik market yang benar-benar membutuhkan produk Anda. 

Habiskan artikel ini hanya dalam 1 menit, dan dapatkan tips dan trik dari saya. 

Menjual produk spesifik atau niche, itu sedikit menantang. Karena Anda harus membidik orang yang benar-benar butuh banget. Kalau sampai salah, maka hasilnya zonk (boncos). 

Jualan Produk yang Niche Banget

Ngiklan

Untuk menghindari hal diatas, maka lakukanlah riset market. Ingat, saran saya apabila Anda mulai bisnis, cari produk itu belakangan. Tapi mengetahui apa yang dibutuhkan market, itu step pertama. 

Masalah apa yang ingin Anda selesaikan? Tapi kalau sudah terlanjur produk dulu, ya sudah tidak apa-apa. Maka kalau Anda mulai dari produk dulu, sekarang tugas Anda memikirkan kira-kira siapa yang butuh. Apakah sudah dipikirkan? 

Kalau sudah, ajak 20 orang diantara mereka ngopi atau nongkrong. Tanya ke mereka tentang produk Anda. Keluarkan semua value produk Anda. Show of ke mereka. Terus di akhir tanya, apakah mereka butuh? 

Kalau jawabannya tidak butuh. Selamat, Anda salah bidik market. Tapi kalau mereka mengiyakan, selamat Anda berhasil menemukan target market yang tepat. Saatnya injak gas kalau sudah begini. 

Katakanlah, sekarang Anda sudah tahu siapa market Anda. Karena sebelumnya Anda sudah mengadakan riset market. Tentang interest mereka, pekerjaan mereka, umur mereka, tempat tinggal mereka, dll. 

Maka tugas Anda selanjutnya adalah membuat campaign. Atau ngiklan. Untuk iklan sendiri, itu ada ilmunya. Saya asumsikan Anda sudah paham teknis iklan. Maka sekarang tinggal bahas strategi. 

Anda bisa iklankan produk Anda ke target market yang sudah Anda riset sebelumnya.  

Pakai influencer

Tidak hanya iklan, Anda juga bisa mempromosikan produk Anda ke influencer. Atau Anda juga bisa bekerjasama dengan orang yang punya reputasi di kategori industri Anda. 

Kalau produk Anda ada di industri kesehatan, mungkin Anda bisa bekerjasama dengan dokter. Lalu dokter ini mempromosikan produk Anda ke audience dia. 

Tapi lagi-lagi harus saya ingatkan dalam iklan. Banyak pebisnis online pemula yang masih menyepelekan data. Dalam beriklan, Anda juga harus mengumpulkan data. 

Data itu bisa berupa email, pixel, no wa, dll. Anda harus mendapatkan data semacam ini. Supaya Anda bisa follow up mereka. Dan Anda bisa edukasi mereka tentang value produk Anda. 

Konten Edukasi yang Insightful

Ingat, mereka tidak beli produk Anda karena produk Anda murah. Mereka juga tidak beli produk Anda karena service Anda bagus. Tapi mereka beli produk Anda, karena produk Anda bisa mengeluarkan mereka dari masalah mereka ke mimpi yang mereka capai. 

Jadi edukasi itu hal yang sangat penting. Bukan hanya penting, tapi wajib. Jadi ngiklan saja tidak cukup. Anda harus kumpulkan data, lalu follow up atau edukasi lebih lanjut. 

Karena kebanyakan orang, tidak siap membeli waktu itu juga. Mungkin segini saja, terimakasih sudah membaca sampai akhir.

Jika Anda ingin mendapatkan update terbaru dari Mentor Gendeng Podcast silakan kunjungi https://mentorgendeng.com. Atau jika ingin bertanya langsung pada saya silakang kunjungi https://tanya.mentorgendeng.com. Dan untuk Anda yang main Instagram silakan kunjungi https://belanjabio.com.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *