Eps. 24 – Kalau gini doang Saya juga tahu..

Ingin Dengerin Podcast Ini Langsung Dari Smartphone Anda?
Daftarkan email Anda disini. Kami akan memberikan instruksi lengkapnya.

Powered by Kirim.Email

Saat ini ada banyak sekali ilmu yang bertebaran di internet, seperti di news feednya Facebook sampai channel Youtube. Terkadang saat melihat ilmu-ilmu tersebut tidak sedikit dari kita terkesan menyepelekan ilmu-ilmu itu.

Halah, kalau gini doang saya juga tahu. Gitu aja saya juga bisa. Kalimat seperti itu dan sejenisnya kerap kita keluarkan sebagai respon dari ilmu yang kita temukan.

Kalau begitu saya punya pertanyaan untuk Anda yang suka nyinyir seperti di atas. Apakah Anda sudah lebih sukses dibandingkan dengan orang yang berbagi ilmu di internet? Atau jangan-jangan yang berbagi ilmu malah jauh lebih sukses daripada Anda?

Saran saya sih kalau Anda mendapatkan ilmu yang mungkin sudah Anda ketahui sebelumnya, sebaiknya Anda bilang “owh menarik juga ya ilmunya”. Malahan dengan Anda mendapatkan ilmu dari orang lain, Anda bisa mendapatkan sudut pandang baru dari ilmu yang Anda kuasai. Dan makin berulang ilmu yang Anda kuasai maka akan semakin Anda menguasai ilmu tersebut.

Yang perlu Anda ingat adalah orang yang mengerti dan tahu cara menguruskan badan, badannya kurus. Bisa jadi malah gemuk. Mengapa demikian? Karena orang tersebut hanya tahu sekedar tahu saja, tidak dipraktekkan ilmu yang dia ketahui.

Jadi kalau kita urutkan makan proses belajar itu seperti berikut ini :

  • Dari tidak tahu menjadi tahu. Ini makanya kita perlu dikasih tahu.
  • Dari tahu menjadi paham. Ini pentingnya kita mengulangi ilmu yang kita pelajari.
  • Dari paham menjadi menguasai. Ini pentingnya kita mempraktekkan ilmu yang kita pahami. Sampai tahap menguasai saja belum cukup. Maka kita perlu 1 tahap lagi, yaitu,
  • Dari paham menjadi ahli. Karenanya kita perlu berlatih berulang-ulang ilmu yang kita kuasai itu sampai kita benar-benar ahli di bidang ilmu tersebut.

Sehingga tugas kita adalah memperbaiki diri agar lebih baik lagi dan menghargai ilmu-ilmu dan pengalaman yang mereka bagikan untuk kita.

Jika Anda ingin berlangganan podcast saya ini silakan kunjungi https://mentorgendeng.com atau jika Anda ingin bertanya tentang selling, marketing dan bisnis pada saya, silakan tulis pertanyaan Anda di https://tanya.mentorgendeng.com.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *