Tutorial Menjual Tiket Webinar Zoom Dengan Belanja.Bio

Anda di sini :
Estimated reading time: 4 min

Apakah Anda seorang expert dibidang tertentu? Apakah Anda tadinya punya acara seminar tapi gagal karena korona? Dan apakah Anda sedang bingung, bagaimana caranya menjual ilmu ke audience Anda? padahal sekarang sedang pandemi?

Kalau iya, selamat! Belanja.Bio bisa membantu Anda. Dengan Belanja.Bio, Anda bisa menjual tiket webinar layaknya Anda ketika menjual tiket seminar.

Sebagaimana yang kita tahu, sekarang adalah era yang rawan terkena virus. Bahkan ada yang mengatakan era terburuk. Di Indonesia sendiri, jumlah positif korona semakin meningkat. Jadi Anda tidak bisa mengadakan seminar secara offline.

Maka solusi yang kami tawarkan adalah, Belanja.Bio + webinar. Jadwalkan webinar Anda, dan serahkan urusan menjual tiket kepada Belanja.Bio.

Baca tutorial ini sampai habis hanya dalam waktu kurang lebih 1 menit. Maka Anda akan bisa menghasilkan income walaupun from home.

1. Langkah Pertama, Beli Paket Langganan Zoom

Zoom adalah software webinar paling booming di Indonesia. Kita lihat di lini pendidikan adik-adik kita di sekolah, mereka semua pakai Zoom.

Tidak hanya di lini pendidikan, bahkan beliau-beliau yang bekerja di pemerintahan, mereka juga memakai Zoom untuk meeting dan teleconference.

Berbicara mengenai meeting, Zoom salah satu software yang memiliki reputasi sangat baik dalam memfasilitasi meeting sebuah perusahaan.

Tapi di Zoom sendiri, meeting dibedakan dengan webinar. Jadi sangat terkenal sekali bahwa pengguna awal Zoom kebingungan dengan fitur meeting dan fitur webinar.

Secara garis besar, yang menggunakan fitur meeting adalah perusahaan yang ingin meeting online dengan divisi team. Sedangkan webinar, digunakan oleh seorang ahli yang ingin mengajari peserta seminar online. Ini perbedaan secara garis besar.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa kunjungi website Zoom.

Jadi brand awareness Zoom di Indonesia, melesat pesat. Jadi tidak heran kami pun membuat artikel ini. Baca tutorial ini sampai habis, maka Anda akan paham bagaimana menjual tiket webinar Anda dengan Belanja.Bio.

2. Kedua Buat Jadwal Webinar

Dalam memilih jadwal webinar, kami sarankan Anda untuk memilih tanggal dengan jarak seminggu kedepan. Supaya jarak seminggu ini, Anda bisa iklankan webinar Anda ke audience Anda atau target market Anda.

Jadi ini seperti prelaunch produk Anda. Anda harus woro-woro (memberi pengumuman) ke audience Anda, bahwa Anda punya webinar.

3. Langkah Ketiga, Ambil Link Atau Copy Link

Setelah menjadwalkan webinar, Anda akan mendapatkan link. Link ini fungsinya sebagai link akses webinar Anda.

Apabila link ini diklik tapi acara webinar Anda belum dimulai, maka orang yang mengklik link ini akan diarahkan ke halaman waiting room terlebih dahulu untuk menunggu webinar Anda mulai.

Zoom berbeda dengan WebinarJam dalam cara mengakses acara webinar. Zoom mewajibkan peserta webinar untuk mendownload aplikasi mereka untuk mengakses webinar Anda.

Jadi apabila link diatas diklik, tapi peserta webinar Anda belum punya aplikasi Zoom, maka Zoom akan menyuruh peserta untuk download dan install dulu. Tapi santai saja, sistemnya sudah otomatis.

Jadi apabila link diatas diklik, dan peserta belum punya aplikasi, maka Zoom akan mengarahkan mereka langsung ke playstore atau kalau mereka menggunakan PC atau Mac, maka akan download otomatis.

4. Simpan Link Ini Baik-Baik

Karena nanti akan digunakan untuk membuat produk digital di Belanja.Bio. Dalam membuat produk digital, yang sebenarnya kita jual adalah bukan produknya. Tapi cara akses produknya.

Yang kita jual adalah link untuk akses produk kita. Dalam kasus ini adalah webinar.

5. Pergi Ke Dashboard Belanja.Bio

Login akun Belanja.Bio Anda, dan pergi ke Dashboard. Di halaman dashboard kita akan membuat produk digital berupa tiket akses webinar Anda.

6. Buat Produk Digital

Dalam kasus ini, produk digital yang ingin kita buat adalah tiket akses webinar. Webinar adalah acara live seminar, tapi online. Diakses dari tempat manapun sesuai jadwal acara webinar.

Webinar biasanya digunakan untuk training atau pelatihan kepada peserta webinar. Ada beberapa platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat acara webinar.

Kami menyarankan Anda membuat di Zoom atau WebinarJam. Kelebihan Zoom, dia banyak digunakan di Indonesia. Terutama bagian pemerintahan dan pendidikan. Kita lihat adik-adik kita sekarang sedang belajar di rumah masing-masing melalui Zoom.

Adapun WebinarJam, saya menyarankan ini karena softwarenya yang userfriendly. Saya sudah pernah menghadiri acara webinar yang webinar ini menggunakan WebinarJam. Sangat simple dan mudah dipahami. Jadi apabila Anda ingin mengadakan webinar untuk mengclosing banyak orang, saya sangat menyarankan WebinarJam.

Klik “+ create new product” untuk membuat produk baru di toko Belanja.Bio Anda. Setelah itu klik digital.

Kelebihan produk digital ketimbang produk fisik adalah, Anda cuma memproduksi sekali, dan bisa dijual berkali-kali. Produk digital bisa berupa software, webinar, ebook, course, dll.

Tapi karena di Indonesia sedang booming webinar berbayar. Kami buatkan tutorial dasarnya kepada Anda. Sehingga kami harap setelah Anda baca tutorial ini, Anda paham mindset dasarnya membuat webinar berbayar menggunakan Zoom atau WebinarJam.

Tapi kalau Anda masih belum paham, mengenai memakai software seperti Zoom dan WebinarJam, sebenarnya banyak konten kreator di YouTube yang membuat video tutorial gratis untuk Anda.

Silahkan kunjungi YouTube, dan langsung praktek di websitenya Zoom dan WebinarJam.

Di halaman “create product”, Anda diminta mengisi informasi mengenai webinar Anda. Seperti harga tiket, deskripsi webinar, link akses webinar.

Berikan informasi sejelas mungkin. Terutama di kolom deskripsi. Kami menyarankan di kolom deskripsi tuliskan langkah-langkah untuk mengakses webinar Anda di Zoom.

Di bawah kami sudah berikan contoh penulisan langkah-langkah akses webinar, dari beli tiket di Belanja.Bio sampai menghadiri acara sesuai jadwal.

Penulisan dibawah hanya contoh. Jadi ubahlah sesuai webinar Anda.

  1. Isi harga tiket
  2. Kolom deskripsi bisa di isi cara-cara atau langkah-langkah mengakses webinar Anda
  3. Tidak lupa link yang kita copy tadi, pastekan atau tempelkan ke ruang yang saya tandai biru.

    Setelah peserta Anda menyelesaikan pembelian tiket webinar Anda. Nanti sistem Belanja.Bio otomatis akan mengirimkan ke peserta Anda link akses webinar.

    Link akses webinar adalah link di kolom biru seperti gambar diatas. Link akses yang Anda isikan dikolom tersebut, adalah link yang akan diberikan ke peserta webinar Anda melalui email setelah mereka menyelesaikan pembayaran.

    Jadi pastikan linknya benar, dan Anda juga jelaskan dengan bahasa yang mudah dan jelas di kolom deskripsi, bagaimana mengakses webinar Anda dengan link yang sudah dikirimkan ke email mereka (peserta webinar Anda).

Apabila ingin sekalian membangun database, Anda perlu integrasikan toko Belanja.Bio Anda dengan Kirim.Email. Lalu centang “Sync This Product’s Customers To The List”.

Tekan save.

7. Selamat Produk Digital Jadi

Diatas adalah contoh penulisan deskripsi cara akses webinar. Anda bisa mencontoh persis atau dirubah sedikit sesuai informasi webinar Anda.

Yang perlu diingat adalah, Anda harus selalu membayangkan peserta webinar Anda adalah oran awam. Sehingga penulisan deskripsi yang Anda hasilkan adalah penulisan yang mudah dipahami, dan jelas langkah demi langkah.

Anda tidak boleh mengira peserta Anda adalah orang yang paham internet. Karena memang kenyataannya, orang yang gaptek itu lebih banyak. Sebagaimana orang miskin itu lebih banyak daripada orang kaya.

Anda harus jelaskan dengah bahasa yang mudah kalau perlu bahasa sehari-hari. Kalau perlu juga buatkan video untuk mengajari mereka cara akses webinar Anda.

Untuk sekarang, peserta Anda hanya bisa membayar dengan metode pembayaran virtual account. Tapi kedepannya, akan bertambah seperti bisa bayar melalui Indomaret, Link Aja, OVO, dan masih banyak lagi. Seperti marketplace (Bukalapak, Tokopedia, Shopee).

8. Kesimpulan

Sekarang pandemi sedang berlangsung dan akan meningkat jumlah penderita positifnya. Keluar dari rumah sejarak 100 meter saja, sudah sangat bahaya. Apalagi mengadakan seminar offline.

Maka kami memberikan solusi membuat acara seminar online atau webinar, dan menjual tiketnya dengan platform kami yaitu Belanja.Bio.

Goal dari solusi yang kami berikan kepada Anda adalah, Anda tetap masih bisa menghasilkan income walaupun dari rumah. Apabila tutorial ini bermanfaat untuk Anda, tolong share artikel ini ke social media Anda. Work from home, work for safety.

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 42