Eps. 36 – Mau Bisnis Camilan, apa yang mesti diperhatikan?

Ingin Dengerin Podcast Ini Langsung Dari Smartphone Anda?
Daftarkan email Anda disini. Kami akan memberikan instruksi lengkapnya.

Powered by Kirim.Email

Ada pertanyaan masuk dari Mistahul Araham. Beliau bertanya, saya sekarang sedang bisnis kecil-kecilan bidang cemilan stik kentang belum tahu proses pemasaran dan ilmu marketingnya. Ini gimana kang?

Oke saya jawab. Kalau bicara tentang snack atau cemilan, sekarang saya juga sedang berbisnis di bidang cemilan. Saya punya brand namanya Dewa Snack.

Beberapa produk sudah kita luncurkan. Diantaranya ada :

  • Sang Dewa,
  • Kirun Makarun,
  • dan juga Tela Sparta.

Alhamdulillah penjualan juga diatas seratus ribu tiap bulan. Nah, kog bisa rame, bisa laris gimana caranya kang? Apa tipsnya kang? Oke berikut ini tips dari saya untuk Mas Araham.

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika ingin berbisnis camilan

Value produk

Nomor satu, pada saat bikin produk, valuenya apa? Perbedaan produk anda dengan produk sejenis apa? Bedanya apa dengan stik kentang yang lain?

Apakah perbedaan anda hanya dari segi fitur doang? Atau dari segi benefit nya? Atau bisa juga dari segi positioning?

Seperti inilah tahapan dari value creation. Jadi anda harus mengidentifikasi value apa yang ingin anda sampaikan dari produk anda.

Kalau anda cek produk-produk saya dalam snack, itu mereka memiliki valuenya masing-masing.

Bagaimana di Sang Dewa itu, orang yang makan tidak sekedar kita jualin kripik pisang. Tapi ada namanya nilai tentang kekayaan. Mental kaya mental miskin. Itu memang dikampanye kan sengaja.

Lo emang apa hubungannya kang? Ya memang ga ada hubungannya. Ya kita hubung-hubungkan lah. Ya gimana caranya value dari nama Sang Dewa, Dewa Eka Prayoga adalah mental kaya dan mental miskin.

Saat kita garap Kirun Makarun. Value dari nama Ricky Harun, adalah kekeluargaan dan keharmonisan dengan pasangan. Begitu juga saat kita menggarap Tela Sparta, valuenya adalah perjuangan dari nol sampai sukses. From zero to hero.

Maka anda di zaman 4.0 ini, jangan fokus bikin produk saja. Mulai bermain diranah value. Bahkan lebih dalam lagi, adalah anda membangun yang namanya komunitas. Saya punya namanya komunitas Jagoan Dewa. Jagoan Dewa adalah sebutan untuk distributor dan reseller produk snack Dewa.

Target market

Kedua, adalah target market. Ya target market anda siapa? Siapa yang ingin anda bidik?

Jangan bilang semuanya. Semakin anda bilang semuanya, semakin ga jelas itu target marketnya. Jadi clear. Harus benar-benar clear. Apakah anak kecil yang bakal makan atau dewasa?

Saluran distribusi dan promosi

Ketiga, anda harus tentukan saluran distribusi dan promosinya. Apa itu saluran promosi kang? Saluran promosi itu, alat atau media untuk menyampaikan informasi yang menggiurkan ke target market anda, supaya mereka mau beli. Anda bisa pakai FB ads, IG ads, juga Youtube.

Kalau saluran distribusi itu, media untuk mendistribusikan produk anda. Kalau saya, saya pakai pasukan. Tapi anda juga bisa, bekerja sama dengan mall, minimarket, nanti bagi kongsi.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin berbisnis camilan atau makan ringan.

Jika Anda ingin mendapatkan notifikasi update episode terbaru dari Mentor Gendeng Podcast, silakan kunjungi https://mentorgendeng.com dan saya akan mengirimkan caranya langsung ke alamat email Anda.

Selain itu Anda juga bisa bertanya tentang selling, marketing dan juga bisnis. Silakan kunjungi https://tanya.mentorgendeng.com untuk mengirimkan pertanyaan Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *