Eps. 45 – Mau Buka Usaha, Gak Ada Modal

Ingin Dengerin Podcast Ini Langsung Dari Smartphone Anda?
Daftarkan email Anda disini. Kami akan memberikan instruksi lengkapnya.

Powered by Kirim.Email

Kang saya mau buka usaha, tapi ga punya modal? Gimana ya solusinya? Pertanyaan semacam ini yang sering sekali ditanyakan temen-temen ke saya. Dan pertanyaan ini yang akan jadi tema bahasan artikel ini.

Baca artikel ini sampai habis. Karena saya akan berikan masukan yang menampar-nampar, nabok-nabok kepada Anda, yang ingin buka usaha tapi masih takut melangkah. Anda bisa habiskan artikel ini dalam waktu kurang lebih 1 menit.

5 Tips Buka Usaha Meskipun Gak Ada Modal

Saya akan berikan kepada Anda yang masih cupu, 5 masukan nampar untuk berani melangkah. Tolong siapkan buku catatan, karena ini daging banget.

Modal Utama Adalah Keberanian

Ya benar. Anda tidak salah baca. Modal utama adalah keberanian. Semua nama-nama besar dalam dunia bisnis, berawal dari zero. Kebanyakan tidak punya modal besar diawal. Om Bob Sadino contohnya. Beliau mengawali karir di dunia bisnis sebagai penjual telor door to door. 

Ko Denny Santoso juga bisa menjadi contoh. Ko Denny mengawali karir sebagai reseller suplemen fitness dengan modal awal hanya 2.5 juta rupiah. Sekarang Anda sudah punya gambaran? Saya pun juga begitu. Apa saya ujug-ujug sukses? Saya juga awalnya merangkak. Lakukan apa yang bisa dilakukan. Kalau istilah guru matematika, kerjakan soal yang mudah dulu.

Sekarang coba lihat perjalanan langkah kaki Anda. Belum apa-apa sudah takut. Pantes ga tuh jadi pebisnis? Kami semua berawal dari hal kecil. Sedangkan Anda belum apa-apa, minta modal besar. Emang ada gitu investor yang percaya sama Anda? Ngaca woi! Bangun atuh dari tidur.

Jangan pelihara ayam di kepala. Ayam nya dikejar, ditangkep, terus dibakar. Masa mau dinasehatin ayam? Maksudnya jangan terlalu banyak alesan. Melangkah dulu saja. 

Tidak Harus Punya Produk Dulu Di Awal

Kalau Anda tidak punya modal, Anda tidak perlu panik. Anda bisa memulai perjalanan karir Anda, dengan menjadi reseller atau dropshiper diawal. Seperti yang Anda tahu, saya juga punya bisnis berbasis pasukan. Kalau Anda mau, Anda bisa jadi pasukan saya. Anda tinggal lihat aja Instagram saya, nanti insyaAllah akan ada promonya.

Menjadi reseller atau dropshiper itu lebih mudah ketimbang Anda langsung mulai bisnis. Pertama modalnya hanya ratusan ribu, kedua Anda disediakan fasilitas penunjang untuk jualan.

Tapi kalau Anda langsung mulai bisnis. Maka Anda harus siapkan semuanya sendiri. Apalagi kalau Anda newbie dan belum punya pengalaman. Nambah ribet lagi. Menjadi pebisnis itu bukan sekedar passion. Tapi kelayakan. Apakah di posisi Anda sekarang, Anda layak jadi pebisnis?

Kalau masih takut, berarti Anda belum siap. Karena ciri khusus pebisnis, dia bisa mutar uang. Sedangkan Anda kalau misalnya dikasih modal 100 juta, emangnya tu uang mau dibawa kemana? Bingung kan? Belum lagi kalau ditanya proposal. Investor itu tidak akan pernah memberikan uang mereka kepada orang yang tidak cakap dalam menjelaskan prospek bisnisnya di proposal.

Maka alangkah baiknya untuk melatih dan menyiapkan diri terlebih dahulu. Sebelum terjun di dunia bisnis yang kian hari semakin ketat.

Terlalu Banyak Alasan (Chicken Mindset)

Chicken Mindset adalah istilah yang dipopulerkan oleh Ko Denny Santoso. Akhir-akhir ini, istilah tersebut viral di Instagram beliau. Jangan banyak alesan, lakukan saja yang diperlukan. 

Seperti yang saya katakan sebelumnya, mulailah bisnis seperti mengerjakan matematika. Kerjakan soal yang mudah dulu. Kalau Anda baru bisa menjadi reseller, ya syukuri. Bukan malah banyak ngeluh. Ketika Anda ngeluh, menyalahkan orang lain. Coba lihat jari-jari Anda. Jari-jari Anda malah banyak yang mengarah ke diri sendiri.

Banyak bersyukur, terus berusaha. Kalau mau beban Anda sedikit ringan, maka saya punya tips. Anda lihat orang yang dibawah Anda. Anda mungkin sekarang cuma reseller. Tapi diluar sana banyak yang makan aja susah. Banyak yang terkena PHK. Cacat tidak bisa bekerja. Kalau Anda suka mengeluh, berarti Anda tidak siap jadi pebisnis. Mimpi Anda mending dikubur saja. Karena orang-orang seperti Anda pasti akan gagal. Buang semua alasan Anda. Berhenti complain dengan keadaan. Kerjakan soal yang mudah dulu.

Nikmati Prosesnya

Kalau Anda adalah tipe orang yang suka hal-hal instan. Selamat. Ada kabar gembira untuk Anda. Kabar gembiranya adalah Anda mustahil jadi pebisnis. Pengen punya milyaran, tapi action jutaan. Maka selamanya income Anda tidak akan sampai milyaran.

Kalau kayak begini modelnya, jadi karyawan aja mas. Ndak pantes ente. Proses wajib dinikmati. From zero to hero. Selalu kerjakan soal yang mudah dulu. Jangan lupa berdo’a. Dan bekerja dihal-hal yang membuat Anda bahagia.

Tapi kadangkala, Anda harus keluar dari passion Anda. Karena passion itu tidak menjamin yang sedang Anda lakukan sekarang akan menghasilkan. Sebagai contoh, Anda punya passion main game. Anda berencana menjadi atlet. Pertanyaan saya, apakah Anda yakin akan sukses? Belum tentu. 

Maka prinsip yang benar itu bukan do what you love. Tapi do what it takes (lakukan apa yang diperlukan). Semua yang perlu dilakukan untuk menggapai impian Anda lakukan itu. Sebagai contoh, kalau Anda belum bisa ngiklan di Facebook. Tapi ternyata impian Anda hanya bisa tercapai kalau Anda paham FB Ads. Maka pelajari FB Ads. 

Lakukan semua yang menjadi jembatan menuju impian Anda. Anda belum bisa public speaking, belajar dari sekarang. Dan contoh-contoh lain.

Modal Utama Adalah Otak Dan Skill

Pernyataan diatas, itu fakta pakai banget. Kalau Anda mau menghasilkan income yang lebih besar dari income Anda sekarang, maka syarat wajib yang harus Anda lakukan adalah investasi leher ke atas.

Otak Anda harus Anda isi dengan ilmu yang Anda perlukan. Beli course. Hadiri seminar. Semua jembatan ilmu yang mengantarkan Anda ke impian Anda, harus Anda tempuh. Tidak ada yang namanya masalah kekurangan uang. Tapi masalah sebenarnya adalah Anda kekurangan skill.

Anda harus memperuncing skill Anda. Mata Anda harus tajam melihat peluang. Pertajam cara jualan Anda. Semua yang perlu dilakukan, Anda harus lakukan.

Diatas saya menyarankan Anda untuk memulai dengan reseller atau dropshiper. Kalau Anda menggunakan Instagram untuk jualan, maka saya merekomendasikan Belanja.Bio sebagai kuda perang Anda.

Mungkin segini saja, terimakasih sudah membaca sampai akhir.

Jika Anda ingin mendapatkan update episode terbaru dari Mentor Gendeng Podcast silakan kunjungi https://mentorgendeng.com dan masukkan alamat email Anda di sana. Saya akan mengirimkan caranya langsung ke email Anda. Jika Anda juga ingin bertanya pada saya tentang selling, marketing dan juga bisnis, silakan tulis pertanyaan Anda di https://tanya.mentorgendeng.com.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *