Panduan Lengkap Cara Mengaktifkan Instagram Shopping

Pada artikel berikut ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengaktifkan Instagram Shopping.

Bagi Anda yang berjualan produk lewat Instagram Bisnis mungkin sudah tahu tentang fitur Instagram Shopping ini. Sebenarnya fitur ini sudah ada sejak bulan September 2018 yang lalu. Hanya saja untuk Indonesia belum banyak akun Instagram Bisnis yang bisa menggunakannya.

Hal ini dikarenakan masih dalam tahap uji coba. Namun seiring berjalannya waktu kini fitur Instagram Shopping sudah bisa digunakan di Indonesia.

Melalui artikel ini kita akan coba membahasnya secara detail. Sehingga bagi Anda yang ingin segera mulai mengaktifkan Instagram Shopping bisa mengikuti setiap langkah demi langkah pada panduan ini.

Apa itu Instagram Shopping?

Sebelum kita mulai pembahasannya perlu kita ketahui terlebih dahulu apa itu Instagram Shopping. Berdasarkan penjelasan dari Sri Widowati, Country Head Facebook Indonesia, Instagram Shopping adalah sebuah fitur Instagram yang akan membantu konsumen mengetahui harga barang yang dijual di Instagram secara langsung tanpa perlu berkunjung ke website hanya untuk mengecek harga.

Caranyapun sangat mudah. Konsumen hanya perlu tap foto produk yang berada di news feed ataupun story kemudian secara otomatis harga dari produk tersebut akan langsung terlihat.

Sangat menarik bukan? Sehingga dengan fitur ini ketika ada orang yang minat dengan produk yang Anda jual, mereka tidak perlu lagi menghubungi Anda. Cukup tap pada produknya kemudian muncul secara otomatis informasi harganya.

Lalu yang jadi pertanyaan, bagaimanakah cara mengaktifkannya? Hal itu akan kita bahas setelah ini.

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping

Sekarang kita masuk pada topik utama yaitu mengaktifkan Instagram Shopping. Namun sebelum itu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, diantaranya :

  1. Pastikan akun Instagram Anda sudah menjadi Instagram Bisnis
  2. Pastikan Anda sudah mempunyai akun Bisnis Manager di Facebook (Facebook Business Manager)
  3. Pastikan akun Instagram Anda sudah terhubung dengan Facebook.

Jika 3 hal ini belum Anda persiapkan maka kemungkinan besar fitur Instagram Shopping Anda tidak akan aktif. Namun jika 3 hal tersebut sudah Anda persiapkan mari kita lanjut ke cara mengaktifkan Instagram Shopping.

Untuk mengaktifkan Instagram Shopping ini ada beberapa langkah besar yang akan kita lakukan, diantaranya :

  • Membuat katalog baru
  • Menghubungkan katalog dengan profil Instagram Business
  • Mengupload produk
  • Mengaktifkan Instagram Shopping

Untuk caranya silakan ikuti langkah-langkah berikut ini :

Membuat Katalog Baru

Langkah 1

Buka halaman Facebook Business Manager Anda di https://business.facebook.com.

Langkah 2

Setelah Anda masuk di Business Manager, klik Business Settings pada menu utama.

Menu Utama Business Manager
Tampilan Menu Utama Business Manager

Langkah 3

Pada menu Data Sources pilih Catalogs. Lalu klik tombol Add dan pilih opsi Create a New Catalog

Langkah 4

Kemudian muncul pop-up Create New Catalog. Di Catalog Name isikan bebas, Untuk Type nya pilih Products. Setelah itu klik tombol Create Catalog.

Langkah 5

Setelah itu muncul pop-up Add People and Set Permissions. Pilih admin yang ingin Anda berikan hak akses dan juga hak aksesnya. Setelah itu klik tombol Assign.

Langkah 6

Setelah itu muncul pop-up lagi yang berjudul Connect Event Sources to Catalog. Di sini silakan pilih Pixel yang ingin Anda koneksikan ke katalog. Setelah itu klik tombol Save.

Langkah 7

Kemudian masih muncul pop-up notifikasi Catalog Created. Selanjutnya klik tombol OK.

Menghubungkan Katalog dengan Profil Instagram Business

Setelah Anda berhasil membuat katalog, selanjutnya kita akan menghubungkan katalog dengan profile Instagram Bisnis Anda.

Caranya adalah sebagai berikut.

Langkah 1

Pada halaman Business Settings > Catalog seperti pada gambar di bawah ini, klik tombol Open in Catalog Manager di pojok kanan atas.

Langkah 2

Setelah itu Anda akan masuk di halaman Use Case.

Pada halaman ini Anda diminta untuk memilih bagaimana Anda akan menggunakan katalog. Apakah dengan menggunakan Dynamic Ads, Instagram Shopping, Facebook Page Shop atau Ads to Drive Traffic.

Pada bagian ini silakan pilih yang Instagram Shopping saja. Karena pada bagian Dynamic Ads sudah secara otomatis terpilih Set Up Tracking for Product Interactions.

Pada bagian Instagram Shopping, klik pada anak panah berlatar belakang biru. Kemudian akan muncul 2 opsi lagi. 2 Opsi ini antara lain :

  • Add Your Products
  • Connect Your Instagram Business Profile.

Pada langkah ini kita akan fokuskan dulu pada bagian Connect Your Instagram Business Profile. Klik pada tombol Connect Profile.

Langkah 3

Setelah itu muncul popup Connect Your Instagram Business Profiles. Di sini pastikan akun Instagram Anda sudah approved untuk Instagram Shopping. Selanjutnya di sebelah kanannya ubah statusnya dari Not Connected menjadi Connected. Setelah itu klik tombol Close.

Mengupload Produk

Setelah berhasil menghubungkan katalog dengan akun Instagram Business Anda, langkah berikutnya adalah mengupload produk.

Langkah 1

Masih di halaman Use Case, Klik tombol Add Products di bagian Instagram Shopping.

Langkah 2

Setelah itu pada halaman Add Products to Your Catalog pilih opsi Use Data Feeds lalu klik tombol Next.

Langkah 3

Lalu Anda akan masuk ke halaman Upload Data Feed File.

Pada nomor 1. Add File Settings, lakukan pengaturan sebagai berikut :
Data Source Name : Silakan isi bebas atau biarkan default
Default Currency : Pilih IDR – Indonesian Rupiah

Langkah 4

Kemudian pada nomor 2. Select Upload Method, Anda pilih yang Set Automatic File Upload Schedule.

Karena kita memilih opsi tersebut maka secara otomatis opsinya menjadi bertambah. Dari yang semula 2 kini menjadi 4.

Langkah 5

Pada nomor 3. Add Data Feed URL silakan Anda masukkan url file XML dari akun Belanja.BIO Anda. Url file XML ini bisa Anda akses dengan format https://belanja.bio/nama-akun/feed.

Sebagai contoh kami akan mengisinya dengan https://belanja.bio/hijacket/feed .

Jika Anda belum punya akun Belanja.BIO silakan buat akunnya terlebih dulu di sini.

Pada bagain Data Feed URL Login Details (Optional), username dan passwordnya dikosongi saja.

Langkah 6

Pada nomor 4. Set Automatic File Upload Schedule, silakan pilih opsi Hourly. Jika sudah silakan klik tombol Start Upload.

Kemudian Anda akan masuk ke halaman Product Data Sources. Pada bagian ini Anda bisa melihat apakah proses uploadnya berhasil atau tidak.

Mengaktifkan Instagram Shopping

Setelah Anda berhasil mengupload produk, selanjutnya adalah langkah terakhir sekaligus puncak dari artikel ini, yaitu mengaktifkan Instagram Shopping.

Untuk caranya sangat mudah dan silakan ikuti langkah berikut ini.

Langkah 1

Klik menut utama lalu pilih menu Catalog Manager.

Langkah 2

Pada halaman Catalog Manager klik katalog yang ingin Anda tampilkan di Instagram Shopping.

Langkah 3

Di halaman Use Case, klik tombol Enable Shopping. 

Langkah 4

Silakan buka aplikasi Instagram Anda lalu ikuti cara pengaktifannya seperti pada gambar di bawah ini.

Setelah berhasil aktif maka proses mengaktifkan Instagram Shopping di akun Anda sudah selesai. Jika belum berhasil silakan tunggu beberapa saat untuk proses aktivasinya.

Itulah panduan lengkap cara mengaktifkan Instagram Shopping. Mudah-mudahan bermanfaat dan sampai bertemu di artikel berikutnya.

33 thoughts on “Panduan Lengkap Cara Mengaktifkan Instagram Shopping”

  1. Maaf mas, nubie masih agak bingung. Jadi bedanya instagram shopping dengan belanja. Bio apa ya? Dulu kan dengan belanja. Bio aja udah cukup kalo gak salah buat munculin katalog kita dan langsung Bisa beli juga. Mohon pencerahan
    🙂

    1. kalau dari segi fungsi katalongnya mungkin sama Mas Kunto. Tetapi dari sisi sistemnya, Instagram Shopping ini sebagai katalog dan info harga dan nanti jika ada yang beli, checkoutnya akan masuk ke Belanja.BIO mas. 🙂

      1. Baik mas sholeh, terima kasih infonya. Berarti instagram shopping kaya semacam etalasenya dan belanja. bio untuk transaksinya. Bener gak ya?
        Dan berarti dengan IG shopping ini kita gak perlu lagi ngarahin calon buyer ke link belanja.bio yg di bio IG kita buat cek katalog dan belanja ya mas, karena sekarang tinggal liat barang dipostingan dan kalo ok tinggal klik produk dan langsung ke belanja. Bio kita buat transaksi. Bener gak ya mas sholeh?
        Terima kasih banyak sebelumnya mas.

      1. Novita nabilla

        Saya juga, status instagram shoppingnya belum di approved, keterangannya “tidak tersedia di wilayah anda” itu gmn ya? Padahal olshop di indonesia sudah banyak yg gunain.

  2. sudah melakukan semua tutorial di atas baik menghubungkan via website pribadi yg platform Woocommerce atau via Shoppe Mall
    seperti bisnis lain dari Indonesia pada bisa, aneh ya 🙁

    tulisannya Instagram shopping ini:
    Tidak Memenuhi Syarat untuk Instagram Shopping
    (Tidak tersedia untuk wilayah Anda)

  3. Muhamad Iqbal Supriadi

    bang, akun saya kok ga bisa ya? karna wilayahnya blm tersedia ig shop. mohon pencerahan

  4. saya sudah mengikuti semua persyaratan, tapi ketika saya mencoba instagram shopping malah ada tulisan yang intinya “anda harus berada di pasar yang disetujui instagram” emang indonesia belum bisa?

  5. popup Connect Your Instagram Business Profiles. Di sini pastikan akun Instagram Anda sudah approved untuk Instagram Shopping.
    Nah gimana caranya supaya approve? pak

  6. maaf mas, saya mau tanya supaya instagram di approved untuk Instagram Shopping bagaimana caranya? apakah lokasi instagram saya harus diubah ke wilayah yg available instagram shopping? sedangkan lokasi saya di Indonesia.
    mohon bantuannya..terima kasih

  7. mau nanya, apa faktor yang menyebabkan akun Instagram di approved untuk Instagram Shopping atau tidak? saya sudah baca alasannya berkali2 di halaman lean more nya namun belum menemukan hal yang pasti menyebabkan akun instagram saya tidak daat dihubungkan, akun instagram sudah akun bisnis, dan alasannya “At this time, your Instagram professional account must be in a market where Instagram Shopping is available”

  8. Sekrang tidak bisa ya?
    Saya coba katanya tidak tersedia untuk market Indonesia.
    Apa harus minta tolong teman di luar negri untuk buatkan akun?
    Pakai vpn sy tidak bisa.
    Facebook business uda oke semua, facebook toko jg sudah, catalog sudah.

  9. Maaf kak mau tanya, saya sudah Connect Business Account, sudah upload product, tapi saat mau connect an Instagram Profile itu ga bisa, tulisannya “Not Eliagble for Insatgram Shopping”. Nah kira kira itu gimana ya kak solusinya?

    Terimakasih

  10. Ini kok punya saya sampai di konek to instagram malah keterangannya instagram saya not eligible ya, padahal sudah akun bisnis. Salah di mananya ini ?

  11. jika muncul “This Instagram Business profile was not approved for Instagram Shopping” bagaimana ya? padahal syarat”nya sudah sesuai

  12. Status Instagram Shopping saya tidak di approve dan muncul “Tidak Memenuhi Syarat untuk Instagram Shopping.”
    Boleh tau kenapa kok gk di approve, padahal sudah sesuai ketentuan

  13. bagaimana cara agar instagram bisnis saya bisa di Approve menjadi IG shoping

    karena muncul seperti ini : At this time, your Instagram professional account must be in a market where Instagram Shopping is available.

  14. Halo, bagaimana cara mengaktifkan instagram shopping di Indonesia, Indonesia kan belum termasuk dalam negara yang bisa pakai instagram shopping ya?

  15. pak mohon dibalas ya, cara memenuhi syarat instagram shoping gimana ya? data instagram saya sudah lengkap, sudah business, sudah mengikuti langkah diatas, kendalanya adalah “Not Eligible for instagram shoping” mohon bantuannya ya cara mengatasinya, trimakasih

  16. Saya berhasil munculin shop nya aja, tapi untuk tag product belum bisa, kata nya sih harus rajin spend ads di fb ads, trus coba verifikasi domain jg dr fb ke web biasanya disitu suka kelewat

  17. kalo cara mengatasi Gaya proses pembayaran akun Commerce Manager tidak didukung bagaimana ya kak?

    Masih bingung, padahal udah dapat notif kalo sudah memenuhi standar

    Mohon petunjuknya kak

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *