Eps. 52 – Saya belum berani Action, kang…

Ingin Dengerin Podcast Ini Langsung Dari Smartphone Anda?
Daftarkan email Anda disini. Kami akan memberikan instruksi lengkapnya.

Powered by Kirim.Email

Salah satu penghambat paling besar dalam memulai bisnis, adalah rasa takut untuk melangkah. Terkadang rasa takut ini sangat menghambat mereka yang tidak punya sifat nekat dalam dirinya.

Kata Pak Budi Isman, nekat itu diperlukan. Tapi nekat yang dibekali dengan ilmu. Tapi kalau kasusnya Anda sudah punya ilmu, tapi tidak berani nekat. Maka sederhananya Anda tidak akan pernah jadi pebisnis. Pebisnis memulai langkah mereka dengan nekat dan keilmuan seadanya.

Nanti setelah melangkah dan jam terbang meningkat, maka skill yang dia bawa juga akan meningkat.

Nasehat Daniel Steven Peña kepada murid-murid program QLA in castle nya adalah, Lakukan saja.

Anda sekarang sudah punya ilmu. Tapi Anda tidak berani nekat. Maka selama-lamanya Anda tidak akan pernah tahu. Apakah setelah Anda melangkah, Anda akan sukses atau tidak.

Tahukah Anda, hal yang paling menyakitkan dan berbekas di hati ketika sudah lansia? Ya Anda benar. Jawabannya adalah tidak pernah mencoba.

Tidak pernah mencoba karena takut, hal ini yang paling disesali oleh lansia. Orang-orang lansia sangat menyesali masa muda mereka, karena mereka takut untuk mencoba. Lalu hal itu meninggalkan pertanyaan besar yang tidak ada jawabannya. 

Mereka selalu mencari jawabannya di masa tua mereka. Padahal mereka tahu. Jawabannya ada di proses ketika mereka memberanikan diri untuk mencoba. Saat mereka tidak pernah mencoba, they will never know. Dan hal ini yang akan mereka sesali. Tidak pernah nekat mau mencoba. Perasaan ini akan menghantui Anda ketika Anda tua nanti.

Darimana Perasaan Takut Itu Datang?

Perasaan takut datang bisa jadi karena masa lalu yang kelam. Misalnya dia korban bullying, mungkin dia tidak pernah diapresiasi oleh orang tuanya, atau hal lainnya. Jadi faktor psikologis itu ada.

Beliau Daniel Steven Peña, adalah korban bullying di masa sekolahnya. Kalau tidak salah beliau pernah bercerita tentang kisah beliau dimasukkan di closet atau toilet dan dikunci selama berjam-jam sampai orang tua beliau datang dan mengeluarkan beliau.

Tapi beliau mengatakan hal seperti ini membuat beliau lebih kuat lagi, lebih pintar, lebih kokoh.

Perasaan takut juga bisa datang dari comfort zone. Zona nyaman jadi karyawan salah satu hal yang membuat rasa takut. Karena jadi karyawan itu lebih aman daripada pebisnis. Setiap bulan ada income yang jelas.

Kalau pebisnis, bulan ini untung, belum tentu bulan besok juga sama. So it’s depend on your decision. Apakah Anda mau melangkah atau tidak.

Comfort Zone Membuatmu Berhenti Bertumbuh

Comfort zone adalah kondisi dimana Anda nyaman dengan kondisi tersebut. Tapi kadang-kadang kondisi ini membuat Anda tidak bertumbuh.

Misal gaji Anda sekarang 20 JT per bulan. Dan kondisi ini membuat Anda nyaman. Bisa jadi, teman Anda yang gajinya 1.5 JT per bulan, bisa meninggalkan Anda jauh dimasa depan. Karena teman Anda terbiasa dengan zona tidak nyaman. Sehingga dia upgrade terus dirinya. Dan selalu belajar dan praktek. Sedangkan Anda nyaman dengan gaji segitu dan happy ketika hangout ke Starbucks.

Ini pilihan Anda. Tergantung tingkat ambisius Anda. Mungkin teman Anda yang gajinya sedikit itu bisa gaji milyaran dimasa depan, karena dia terbiasa di kondisi tidak nyaman. Dan dia punya ambisi yang tinggi.

Tapi kalau Anda memang sudah bersyukur dengan gaji segitu, ya monggo. Lagi, ini tergantun pilihan Anda. Kalau saya pribadi, saya mau lebih sampai milyaran. 20 JT kurang buat saya. It’s depend on your decision.

Cara Melatih Nekat

Cara melatihnya bisa dengan sedekah. Mungkin Anda pernah lihat iklan ACT untuk donasi ke palestina. Cara melatihnya adalah, Anda jangan kebanyakan mikir, langsung 1/3 gaji Anda, Anda donasikan ke ACT untuk palestina.

Cara seperti ini ampuh untuk melatih rasa nekat. Jangan banyak mikir, langsung buat. Langsung laksanakan. Dan sedekah itu membuat hati lapang.

Melatih tangan itu ringan untuk dibuka. Bisnis itu berjalan karena 2. Ilmu dan nekat. Cuma punya salah satu, saya pastikan ga bakal jalan. Harus seimbang.

Kesimpulan

Action itu tidak boleh ngasal. Harus ada ilmu. Tapi banyak orang punya ilmu, tapi ga berani nekat. Yang bagus adalah orang memilki ilmu dan punya rasa nekat. 

Diatas sudah saya berikan tips untuk melatih rasa nekat. Percaya sama saya, kalau Anda latih rasa nekat Anda seperti tips saya diatas, maka Anda bisa segera melangkah untuk berbisnis.

Tulis komen dibawah, apabila ada pertanyaan. Dan mari berdiskusi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *