Eps. 25 – Saya Ditipu Partner Bisnis, harus ngapain?

Ingin Dengerin Podcast Ini Langsung Dari Smartphone Anda?
Daftarkan email Anda disini. Kami akan memberikan instruksi lengkapnya.

Powered by Kirim.Email

Ditipu partner bisnis mungkin bukan berita baru lagi di masyarakat kita. Hampir tiap bulan ada saja kabar tentang tipu menipu di dalam bisnis. Lantas bagaimana kalau kita berbisnis lalu ditipu partner bisnis?

Kalau Anda pernah atau sedang ditipu oleh partner bisnis, maka kondisi kita sama. Dulu saya pun juga pernah ditipu pada saat usia 21 tahun. Ketipunya gak tanggung-tanggung, sampai milyaran rupiah pada saat itu.

Jadi ceritanya ada salah seorang sahabat saya yang minta bantuan modal dalam bentuk investasi. Kemudian saya bantu mencarikan investor dan dalam waktu 6 bulan terkumpul sekitar Rp.7,7 Milyar. Apesnya setelah itu kedoknya terbongkar.

Ternyata investasi yang dia lakukan itu investasi bodong. Pada akhirnya dia kabur dan saya yang harus menanggung mengembalikan dana investasi tersebut karena para investor tahu nya dari saya.

Lantas yang saya lakukan begitu tahu kejadiannya seperti itu, maka saya mengambil langkah-langkah sebagai berikut :

  • Bertanggung jawab. Saya bertanggung jawab mengembalikan semua dana investasi ke 645 orang selama 5 tahun.
  • Bersabar. Kita tidak akan diuji oleh Alloh diluar batas kemampuan. Jadi ketika hal berat sedang menimpa Anda maka bersabarlah.
  • Evaluasi diri dari segi personal maupun spiritual. Mungkin ada dosa di masa lalu yang pada akhirnya membuat kita jadi seperti ini.

Nah jika Anda ingin berbisnis atau berinvestasi, supaya gak kena tipu lagi seperti saya, maka yang harus Anda lakukan antara lain :

  • Pastikan uang masuk dan uang keluarnya benar-benar masuk akal.
  • Pastikan legalitas usahanya valid.
  • Bisnis prosesnya juga harus masuk akal.
  • Portofolio. Cari partner bisnis yang rekam jejaknya bagus.
  • Akun sosial media.


Itu dulu episode Mentor Gendeng Podcast ini. Jika Anda ingin berlangganan podcast ini silakan kunjungi https://mentorgendeng.com. Atau jika Anda punya pertanyaan terkait bisnis, marketing dan bisnis silakan tulis pertanyaan Anda di https://tanya.mentorgendeng.com.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *