Eps. 07 – Selling dulu atau Branding dulu?

Ingin Dengerin Podcast Ini Langsung Dari Smartphone Anda?
Daftarkan email Anda disini. Kami akan memberikan instruksi lengkapnya.

Powered by Kirim.Email

Udah, gak usah berantem lagi. Podcast Saya kali ini akan menjawab semuanya!

Ada pertanyaan dari newbie atau pemula, “Mana yang lebih penting dulu antara Branding atau Selling?”

Kalo bicara mana yang lebih penting dulu antara Selling atau Branding jawabannya adalah tergantung. “Kok bisa tergantung kang?”

Tergantung mendefinisikan Sellingnya itu apa? mendefinisikan Brandingnya itu apa?

Kalo kita definisikan Sellingnya dari makna objektif adalah Closing. Sementara objektif dari Branding adalah Loyalty.

Tapi sebagian orang ada yang menganggap Selling hanya sekedar memikirkan produk. Sementara Branding hanya fokus pada ikatan emosional.

Jadi ketika didefinisikan seperti itu kita menjadi ambigu mana yang lebih duluan dilakukan antara Selling dan Branding.

Jika selling hanya sekedar jualan produk dan Branding hanya sekedar logo, maka jawabannya adalah Selling dan Branding bisa dilakukan bersamaan.

Namun jika Selling didefinisikan sebagai tentang bagaimana cara Anda memberikan sebuah benefit kepada market dan Branding didefinisikan sebagai ikatan emosisonal antara penjual atau pembeli maka jawabannya akan berbeda.

Artinya apa yang membuat orang membeli adalah karena Sellingnya dan yang membuat dia membeli lagi, lagi dan lagi adalah karena Brandingnya.

Maka dalam konteks ini Selling duluan dan Branding belakangan. Kenapa? karena yang membuat orang membeli lagi, lagi dan lagi adalah ada ikatan emosional yang membahagiakan, yang membuat dia bangga dll.

Namun ada juga konteks yang ketiga yaitu ketika customer lama membeli lagi produk Anda. Artinya proses beli laginya itu kepada Anda dikarenakan karna sudah percaya brand Anda sebagai corporate, sebagai produk dan juga sudah percaya karena personalnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *