Eps. 26 – Stok Saya Numpuk! Kasih solusi dong…

Ingin Dengerin Podcast Ini Langsung Dari Smartphone Anda?
Daftarkan email Anda disini. Kami akan memberikan instruksi lengkapnya.

Powered by Kirim.Email

Buat temen-temen pebisnis yang saat ini punya stok banyak dan numpuk di gudang, yang sebabnya mungkin karena gak laku, maka podcast Mentor Gendeng episode 26 ini wajib Anda dengerin.

Menurut pandangan saya, kalau temen-temen mau nyetok produk, itu memang sebaiknya nyetok produk yang memang demand atau permintaannya ada. Untuk mengetahuinya kita cari tahu dulu datanya, kira-kira produk A itu sebulan ada berapa orang yang menginginkannya?

Karena dari banyak pebisnis yang saya temui, beberapa diantaranya sering ngasal dalam memproduksi barangnya. Bukan berdasarkan data. Misalkan demand atau permintaan dari produk tersebut hanya 1.000, eh dia bikin produknya 10.000. Sehingga stoknya banyak yang numpuk di gudang.

Kalau Anda ingin nyetok produk di gudang dan biar gak numpuk, saya ada beberapa langkah yang bisa Anda praktekkan, diantaranya :

  • Lakukan pengkategorian, produk A itu masuk produk fast moving atau slow moving. Fast moving itu maksudnya cepat perputarannya. Sedangkan slow moving itu produk yang lambat perputarannya. Kalau termasuk dalam produk fast moving nyetok banyak gak masalah. Tapi kalau termasuk slow moving, ya pikir-pikir dulu kalau mau nyetok.
  • Kalau cash flow Anda cukup untuk operasional, pemasaran dan yang lainnya, nyetok atau produksi banyak ya gak masalah. Tetapi kalau cash flow Anda sedikit, sebaiknya lakukan efisiensi saja. Tidak perlu nyetok terlalu banyak. Sesuaikan dengan demand atau permintaan yang Anda dapatkan.
  • Lihat juga produk yang Anda stok itu ada masa kadaluarsanya atau tidak. Kalau ada masa kadaluarsanya, sebaiknya hati-hati buat nyetok terlalu banyak produk di gudang. Tapi kalau gak ada masa kadaluarsanya dan selama 2 point di atas terpenuhi, silakan stok banyak boleh-boleh saja.

Pertanyaannya, kalau produk saya sudah terlanjur menumpuk banyak di gudang terus bagaimana dong Kang?

Solusi saya adalah lakukan apapun untuk bisa mengeluarkan stok tersebut dari gudang secepat mungkin. Beberapa yang bisa Anda lakukan diantaranya :

  • Relaunch produk lama Anda. Lakukan photoshoot ulang, rename nama produknya dan bikin campaign atau iklan yang baru. Orang tidak akan sadar kalau produk ini adalah stok lama. Jadi pinter-pinternya Anda dalam membuat campaign dan penawaran.
  • Produk bundling. Cara yang paling mudah adalah bundling dengan produk penetrasi Anda. Kalau beli satu, harganya lebih mahal, tetapi kalau beli produk bundling denga stok lama Anda ini harganya bisa lebih murah. Jadi kesannya gak nurunin value Anda.
  • Jual diskon. Ini adalah opsi terakhir jika 2 hal di atas tidak berhasil. Misalkan dengan promo cuci gudang dan lain sebagainya.
  • Misalkan 3 hal di atas tidak berhasil juga mengeluarkan stok Anda dari gudang, maka buat giveaway atau quiz dan bagikan gratis untuk market Anda.

Itu dulu episode Mentor Gendeng Podcast episode 26 terkait dengan stok yang numpuk di gudang dan solusinya. Jika Anda ingin berlangganan podcast ini silakan kunjungi https://mentorgendeng.com. Atau jika Anda punya pertanyaan terkait bisnis, marketing dan bisnis silakan tulis pertanyaan Anda di https://tanya.mentorgendeng.com.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *