Strategi Multiple Instagram Accounts Untuk Belanja.BIO

Beberapa waktu yang lalu, kami melakukan pengamatan di Instagram. Dari pengamatan tersebut kami menemukan ada cukup banyak pengguna Instagram yang mencampurkan konten jualan dan konten non jualan dalam satu akun.

Konten jualan yang kami maksud di sini adalah konten foto atau video produk yang disertai dengan kalimat promosi, deskripsi produk dan ajakan untuk membeli di bagian captionnya. Sedangkan konten non jualan adalah konten yang tujuannya bukan untuk jualan, melainkan untuk membangun interaksi dengan followers maupun pengguna Instagram yang lain.

Tidak ada yang salah dengan hal tersebut. Terlebih lagi jika itu adalah konten yang ditujukan untuk endor. Karena bukan produknya sendiri yang dipromosikan. Namun jika ini adalah akun Instagram yang dipromosikan adalah produknya sendiri, rasanya agak aneh ketika konten konten jualan bercampur dengan konten non jualan dalam satu akun.

Mungkin Anda bertanya-tanya dimana letak keanehannya? Coba perhatikan gambar di bawah ini.

Pada gambar di atas Anda bisa melihat antara konten jualan dan konten non jualan dicampur jadi satu dalam satu akun. Ketika ada orang yang ingin membeli produk yang dipromosikan maka akan mengalami kesulitan dalam memilih produknya. Karena konten-kontennya bercampur jadi satu.

Begitu juga sebaliknya, akun Instagram yang memang dibuat untuk jualan, tapi dicampur dengan konten-konten non jualan, akan membuat calon pembeli berpikir akun tersebut tidak konsisten.

Agar akun Instagram Anda bisa tetap untuk jualan sekaligus membangun interaksi tanpa harus mencampur konten, ada strategi yang bisa Anda pakai. Nama strateginya adalah strategi Multiple Instagram Accounts.

Apa itu strategi Multiple Instagram Accounts?

Strategi Multiple Instagram Accounts adalah sebuah strategi Instagram Marketing yang melibatkan banyak akun. Hal ini diijinkan oleh Instagram, karena memang dalam 1 aplikasi kita bisa menambahkan hingga 5 akun dan bisa mengganti (switch) akun tanpa harus memasukkan username dan password lagi.

Strategi ini cukup sederhana, yaitu dengan membuat beberapa akun Instagram yang saling berkaitan atau terhubung. Minimal ada 2 akun yang perlu Anda buat. Akun pertama bisa kita sebut sebagai akun utama. Akun kedua bisa kita sebut sebagai akun katalog. Sedangkan akun yang ketiga bisa kita sebut sebagai akun testimoni dan ini opsional.

Akun utama ini berfungsi untuk memposting konten-konten kreatif dan original, membangun interaksi organik dengan followers, konten informasi hingga konten promosi yang bersifat insidental. Pada akun utama ini dibuat tidak untuk upload produk maupun jualan/bertransaksi. Tujuannya untuk mengekspresikan diri lewat konten di Instagram.

Akun katalog dibuat dengan tujuan hanya untuk upload produk. Tidak ada satupun konten yang ditujukan untuk membangun interaksi. Semua produk yang dijual diupload pada akun katalog ini. Sehingga orang yang melihatnya bisa memilih produk yang dijual tanpa ada halangan berupa konten non jualan. Dan jika ada orang yang tertarik beli, bisa langsung membelinya melalui akun katalog ini.

Strategi ini juga dipakai oleh akun-akun besar seperti :

Implementasi Strategi Multiple Instagram Accounts Untuk Belanja.BIO

Bagi Anda pengguna Belanja.BIO, strategi di atas bisa juga Anda terapkan pada toko Anda. Untuk cara penerapannya sangatlah mudah. Anda bisa mengikuti studi kasus dari akun @ammossi untuk mendapatkan gambaran langkah-langkahnya.

  1. Buat 2 buah akun Instagram kemudian tentukan mana akun utama dan yang mana akun katalognya.
  2. Pada bio akun utama jangan lupa mention akun katalog dan alamat toko Anda.
  3. Begitu juga pada akun katalog, mention akun utama Anda dan sertakan alamat toko Anda.
  4. Upload produk-produk Anda di akun katalog dan pada bagian caption jelaskan secara rinci produk yang Anda jual, seperti bahan, harga, ukuran dan lain sebagainya. Juga arahkan ke alamat toko Belanja.BIO Anda untuk membelinya.
  5. Integrasikan toko Belanja.BIO dengan produk-produk yang berada di akun katalog Anda. Contohnya silakan lihat di https://belanja.bio/ammossi .
  6. Upload konten non jualan di akun utama Anda dan pada captionnya tulis informasi mengenaik konten yang Anda upload dan arahkan ke akun katalog untuk detailnya.
  7. Selesai.

Itulah Strategi Multiple Instagram Accounts yang bisa Anda gunakan untuk Belanja.BIO. Mudah-mudahan bermanfaat dan kami tunggu kabar dari Anda jika sudah mengimplementasikannya. Selamat mencoba.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *